Sport Fairing Tiga Silinder Yamaha Seperti Ini?

Italia – Mesin 3 silinder Yamaha yang sempat dipamerkan di Intermot Cologne, Jerman sudah jadi motor. Namanya MT-09 yang berkapasitas mesin 850 cc. Tidak berhenti sampai disitu, Yamaha juga punya niatan untuk membuat varian lain salah satunya sport fairing dengan basis mesin yang sama.

Meski Yamaha belum merilis motor barunya tersebut dalam waktu dekat, tapi kerinduan fans Yamaha akan motor sport baru bermesin tanggung 800 cc cukup besar. Efeknya, desain rekaannya mulai muncul. Salah satunya yang ada pada gambar ini.

Oberdan Bezzi desainer asal Italia coba membuat desainnya. Mesin, rangka dan kaki-kaki masih menggunakan perangkat yang sama dari MT-09. Tapi bentuk bodinya didesain ulang. Buntut dan tangkinya memang mirip YZF-R1 tapi fairingnya kok jadi kaya BMW ya hehee.. Tapi yang jelas desain ini cukup menarik juga!

Terlebih, mesin yang digunakan pada MT-09 cukup sadis. Mengusung mesin tiga silinder yang didalamnya tertanam teknologi dari Yamaha R1 “crossplane crankshaft”. Dengan kombinasi gerakan piston ala Yamaha R1 Superbike, akselerasi mesin dari putaran mesin bawah hingga tengah semakin ganas. Mesin ini juga sudah menganut sistem injeksi ditunjang juga dengan transmisi 6 percepatan.

Yamaha mengklaim MT 09 mampu menghasilkan tenaga 113,4 hp pada 10.000 rpm dengan torsi maksimum 87,4 Nm pada 8.500 rpm. Bandingkan dengan Yamaha FZ8 bermesin 779cc empat silinder segaris (kapasitas hampir sama), yang hanya mampu menyemburkan tenaga 104,7 hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 82 Nm pada 8000 rpm. Wow! (motor.otomotifnet.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s