Mau tau ketangguhan Diasil Cylinder & Forget Pistonnya si yamaha?

Oke, sesuai dengan judul nya, kita lihat gimana ketangguhan teknologi juaranya si yamaha, apalagi kalo bukan diasil cylinder dan forged piston yang katanya dikenal sebagai cylinder dan piston yang super awet sehingga pihak yamaha mampu memberikan garansi selama 5 tahun. berdasarkan penuturan yang saya dapat yang bersumber dari kenthoetboreup.wordpress.com. mari kita intip sama2 lek.. Jadi maksud e gini bro beberapa hari yang lalu ada seekor Mio J dateng ke bengkel tempat ane dalam keadaan mogok, Weehh motor baru kok mogok  pasti produk cacat tuh  atau produk gak berkualitas tuh, eittss tunggu dulu mas bro tak lanjutin dulu ceritanya 😀 Memang Mio J ini usia nya baru 5 bulan tapi pas liat odometernya sudah hampir 20ribu km 😯 (habis dipake keliling Indonesia nih kayaknya 😆 ), 5 bulan = 20ribu km berarti tiap bulannya rata-rata menempuh 4ribu km (cukup sadis) , Lha mogoknya kenapa nah itu pas dicek sana-sini-situ ternyata yang bikin mogok itu gara-gara kompresinya hilang blasss  gejalanya kayak klep bengkok, nah untuk lebih pastinya lebih baik dibongkar az 😀 mio j gosong Nah pas bongkar bagian silinder head kok warnanya udah item n gosong banget ya wah ada yang gak ‘beres’ nih jangan-jangan nih motor gak ada olinya, pas di buka baut tap oli mak cessss oli yang keluar berwarna item pekat n jumlahnya paling sekitar 70ml doang(sadis) , coba dikonfirmasi ke empunya motor kapan terakhir ganti oli , dengan enteng dia jawab 2 bulan lalu, 5bulan=20ribu km , jadi rata-rata 1 bulan nempuh 4000km dan kalo 2 bulan gak ganti oli berarti 8000km gak ganti oli, atau dengan kata lain oli nya ‘dihajar’ sampe 8ribu km padahal kalo menurut aturan standart nya oli mesin diganti maksimal tiap 2ribu km, 8ribu km seharusnya sudah ganti 4x ini malah belum ganti sama sekali (sadis) . Kejadian ini mirip kejadian Mio Soul yang ada disini. Gimana isi daleman mesin si Mio J setelah di’hajar’ tanpa oli, silahkan di cekibroot 😛 : mio j gosong 2 Motor baru 5 bulan keraknya udah kayak motor usia 2 tahun 🙄 , hitam dan kering . mio j gosong 3 Gosong mas bro 🙄 mio j gosong 4 Noken As dan teman-temannya juga ikut gosong mio j gosong 5 Nah ini biang mogoknya mas bro, ternyata hilangnya tekanan kompresi bukan disebabkan oleh batang katup yang bengkok karena pas di bongkar kondisi katup masih baik-baik saja, melainkan penyebabnya adalah ring piston yang rusak, lihat az gambar diatas, ring pistonnya lengket atau kalo bahasa Jerman nya itu ceket/kantil sama piston gak bisa mekar lagi layaknya ring piston yang masih normal, pantes az kompresinya hilang  tapi yang bikin ane herman eh heran adalah kondisi pistonnya mas bro, liat az tuh dinding pistonnya baik-baik az gak baret blass 😀 , trus kondisi silinder a.k.a boring nya gimana Sama az mas bro gak beda sama pistonnya, kondisi silinder a.k.a boring a.k.a tempat naik turunnya piston yang diberi nama diasyl silinder ini juga masih mulus mas bro , gak percaya  silahkan di cekibroot gambar di bawah mio j gosong 6 Gimana masih mulus kan  sesuatu hal yang ‘ajaib’ kalo melihat kondisi ring piston yang sudah rusak seperti itu ditambah sirkulasi oli sebagai pelumasan yang nyaris nggak ada sama sekali tapi silindernya masih mulus 😀 . Lha terus yang diganti apa az di Mio J ini biar kembali normal lagi Yang jelas ganti piston beserta ring pistonnya, piston Mio J seharga 125ribu (lumayan mahal juga ya ) dan ring pistonnya seharga 67ribu az ,trus seal klep sepasang seharga 40ribu (mumpung dibongkar sekalian di skir klepnya mas bro 😀 ) , sebenernya c ganti ring piston az dah cukup karena kondisi piston yang lama masih Ok tapi karena ring piston yang lama sudah kadung menempel dan merekat kuat di piston dan gak bisa dilepaskan yo wes sekalian az beli piston baru dari pada susah-susah , wes gitu tok mas bro setelah semua part-part pengganti itu dirangkai kembali ke motornya ,isi oli mesin yang baru langsung pencet tombol starter langsung jreeennnggg… hidup normal lagi motor e 😀 Gimana mas bro  sampeyan tertarik buat mencoba mengetest ‘ala anak jalanan’ juga Silahkan az deh, tapi resiko ditanggung sendiri ya Jadi intinya sehebat apapun teknologi mesin motornya kalo dipake tok tapi nggak dirawat terutama oli mesinnya gak pernah di ganti ya sama az bo’ong , cuman bedanya kalo pake yang mesinnya ‘canggih’ yang rusak itu cuman dikit 😛

Advertisements

3 thoughts on “Mau tau ketangguhan Diasil Cylinder & Forget Pistonnya si yamaha?

  1. aku kemarin juga waktu ngetap oli tinggal 250 cc lawong kira2 1 gelas aqua aja sisa olinya;3 bulan baru ganti oli.
    kalo dulu2 malah kira2 4 bulan baru ganti; motorku mx 2005 mesin standar kampas kopling aja belum ganti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s